27 April, 2008

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Niatan baik tiga Bank BUMN (BANK MANDIRI, BRI, dan BNI), Untuk Mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang nilai total ketiga Bank tersebut mencapai Rp.250 Miliar merupakan langkah awal yang baik dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat kalangan bawah melalui Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kredit Usaha Rakyat ini akan sangat membantu Unit-Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mengembangkan usahanya dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan adanya kesempatan kerja dan membantu program pemerataan pendapatan.
Penyaluran kredit usaha rakyat tersebut diharapkan benar-benar dapat terealisasikan dengan baik, artinya jangan hanya kredit-kredit besar saja yang mendapat perhatian, namun kredit-kredit kecilpun juga harus mendapat perhatikan. Meski tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, proses penyaluran kredit seharusnya dipermudah untuk mendorong perkembangan kredit usaha rakyat ini.
Saat ini tidak banyak BUMN yang mampu menyalurkan KUR sampai kepelosok-pelosok desa, padahal kebanyakan dari unit usah mikro kecil dan menengah ini berada di pedesaan dan sangat memerlukan kredit untuk mengembangkan perekonomian mereka.

Tidak ada komentar: