29 April, 2008

KPK Momok Bagi Para Kepala Daerah

Terbongkarnya beberapa kasus korupsi beberapa pejabat, termasuk anggota DPR dan diambil alihnya penanganan kasus dugaan penyalahgunaan izin kehutanan yang dikeluarkan lima bupati dan gubernur di Riau oleh KPK, membuat banyak kepala daerah ragu dalam mengambil keputusan karena takut dengan komisi pemberantasan korupsi (KPK).

Ketakutan para kepala daerah ini sangat tidak berdasar, para kepala daerah tidak perlu takut dalam membuat kebijakan, apalagi kebijakan tersebut menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Sebagai kepala daerah tentunya dalam setiap pengambilan kebijakan menggunakan prinsip kehati-hatian, apalagi kebijakan yang menyangkut penggunaan uang Negara.

Selain itu dalam pengambilan kebijakan para kepala daerah juga dapat berkonsultasi dan meminta pertimbangan institusi terkait seperti, Badan Pemeriksa keuangan (BPK), dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penggunaan APBD dan bantuan pemerintah pusat sudah diatur secara jelas, apabila penggunaannya sesuai dengan aturan tersebut maka para kepala daerah tidak perlu takut terhadap KPK.




Tidak ada komentar: