Headlines News :
Home » » Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur

Written By Hary Indrianto on 03 Maret, 2011 | 16.41

Makan anggur sekaligus bijinya mungkin akan terasa aneh bagi kita, bahkan kita sering merasa terganggu dan cenderung memilih anggur tanpa biji. Tapi tahukah anda bahwa menurut sebuah penelitian dari Universitas Alabama Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa buah anggur selain sebagai buah yang enak dan menyegarkan dan kaya akan anti oksidan buah anggur potensial dikembangkan sebagai solusi alami antikanker kulit, terutama untuk meredam kelainan sel kulit akibat terpapar sinar matahari. Dalam risetnya, sekelompok tikus tanpa bulu diekspos sinar ultraviolet (UV). Beberapa diberi makanan tambahan (ekstrak) mengandung bahan kimia berasal dari biji anggur (grape seed proanthocyanidins/GSPs), sedangkan tikus lain diberikan makanan biasa tanpa suplemen.

Berdasarkan pengamatan dan hasil tes laboratorium, tikus yang diberi tambahan ekstrak GSPs bereaksi positif dan cukup efektif menghambat pengaruh buruk UV, yang bisa mencetuskan zat karsinogenik (pencetus kanker). Tumor yang ada di tubuh tikus-tikus itu 78 persen lebih kecil daripada yang tidak diberi ekstrak biji anggur. Disebutkan juga bahwa GSPs memiliki antioksidan aktif. Seperti diketahui, sinar UV bisa menghambat sistem kekebalan dan masalah tersebut bisa dihindari berkat GSPs, dengan mengonsumsi ekstrak GSPs secara teratur sebagai suplemen harian dapat meningkatkan imunitas tubuh dari serangan radikal bebas sekaligus menekan risiko dan menghindari bahaya kanker kulit. Selain itu jus anggur (dengan bijinya) dapat secara efektif menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesis hormon estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara. Hal ini diketahui melalui tes laboratorium bahwa jus buah dan biji anggur terbukti mampu menghentikan produksi hormon estrogen dalam sel. Penelitian terakhir menggunakan tikus yang ditanami sel tumor menunjukkan, ukuran tumor tikus yang diberi 0,5 mililiter jus anggur selama lima minggu hanya sepertiga dari yang tidak diberi jus anggur. Penelitian tahun lalu menunjukkan, ekstrak anggur merah (bukan anggur putih) mengandung senyawa yang sama dengan yang ada di jus anggur dan dapat menekan pembentukan estrogen.

Meski memakan buah anggur sekaligus kulit dan bijinya dapat mencegah kanker kulit maupun payudara namun perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi buah anggur bersama kulit dan bijinya bisa membuat iritasi pada penderita gangguan lambung. Oleh karena itu apabila anda termasuk orang yang mempunyai pencernaan yang sensitif, sebaiknya jangan mengosumsi buah anggur saat perut perut anda kosong, latihlah pencernaan Anda dengan mengosumsinya dalam jumlah terbatas sambil mengamati reaksinya.

Nah ternyata sebuah hal kecil yang tak kita sadari mempunyai manfaat yang begitu besar. Sungguh sebuah nikmat Tuhan yang tiada terkira, sudah sepatutnya kita sering-sering bersyukur atas nikmatNya.

Hanya sekedar berbagi info untuk pengunjung blog ini semoga bermanfaat, artikel ini di edit dari http://health.kompas.com/index.php/read/2011/01/10/09182691/Cegah.Kanker.dengan.Biji.Anggur.-5. Untuk melihat artikel asli silahkan anda Klik disini

Baca juga Artikel terkait:
Share this article :

0 komentar:

Widget

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Alexa Certified Traffic Ranking for http://duniamayakita.blogspot.com
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Berita Terbaru
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Informasi Terkini - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template